Jumat, 13 Januari 2017

on Leave a Comment

Penyebab Dan Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Salah satu penyebab timbulnya benjolan di leher karena pembengkakan kelenjar getah bening, lalu apa penyebab dan gejala pembengkakan kelenjar getah bening ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan manusia yakni gumpalan jaringan sebesar kacang yang berisi sel darah putih.

Fungsi kelenjar getah ini adalah melawan bakteri atau virus penyebab infeksi yang masuk kedalam tubuh.

Jika didalam tubuh terdapat infeksi ringan maka kelenjar getah bening akan memberikan tanda yakni berupa pembengkakan, dan apabila infeksi telah merada maka pembengkakan yang terjadi pun ikut mereda.

Contoh beberapa infeksi ringan yang sering menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening adalah : demam kelenjar, pilek, infeksi tenggorokan, radang amandel, infeksi gigi, infeksi telinga, dan infeksi kulit (selulitis).

Namun terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh kondisi yang tergolong serius seperti tuberkulosis, HIV dan kanker kelenjar getah bening.

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Karena Kanker 


Pada kasus pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kanker, biasanya pembengkakan tersebut terlihat tetap tidak mengempis hingga beberapa minggu, dan mungkin bahkan membesar secara perlahan-lahan.

Selain itu, kelenjar terasa keras saat disentuh, namun tidak sakit. Penderita kondisi ini juga biasanya akan mengalami penurunan berat badan dan sering berkeringat di malam hari.

Ketika anda mengalami pembengakan keenjar getah bening dengan ciri dan kondisi tersebut maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri untuk mendapatkan kepastian tentang pembengkakan yang anda alami.

Selain mengalami gejala tersebut anda juga wajib menemui dokter dan melakukan pengobatan yang serius jika pembengkakan kelenjar getah bening yang anda alami di ikuti dengan kondisi :

  1. Kelenjar getah bening terasa keras saat ditekan.
  2. Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lemah.
  3. Kelenjar getah bening telah membengkak lebih dari dua minggu dan/atau disertai dengan ukuran yang membesar.
  4. Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
  5. Anda selalu berkeringat di malam hari.
  6. Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  7. Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas
Tindakan pengobatan yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening adalah tergantung dari penyebabnya.

Jika penyebabnya adalah infeksi maka bisanya dokter akan meresepkan antibiotik dan apabila penyebab pembengkakan kelenjar getah bening adalah kanker maka bedah operasi, radioterapi dan kemoterapi adalah prosedur yang biasa dilakukan.

Untuk informasi lengkap tentang bagaimana pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening silahkan anda baca di :

>>> Cara Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Di Leher <<<

Demikianlah informasi tentang penyebab dan gejala pembengkakan kelenjar getah bening ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat.

Sumber :
http://www.alodokter.com/pembengkakan-kelenjar-getah-bening

0 komentar:

Posting Komentar